Pages

sama aja copasan

Friday, February 8, 2013

Menempuh Jarak Belajar


Menempuh Jarak Belajar
Menempuh Jarak Belajar-Belajar” merupakan satu suku kata yang menjadi salah satu dari kewajiban pelajar. Kata ini memang kerap sekali di telinga pelajar. Akan tetapi, apakah pelajar telah melakukan pekerjaan ini sesuai tujuan? “belajar” mendngar kata itu saja sebagian orang sudah merasa alergi.
 

Hal yang terbayang dibenaknya adalah setunpuk buku tebal yang membosankan. Cara belajar bukan hanya dari buku, tetapi buku adalah bagian dari belajar. 

Belajar dan buku merupakan kesatuan yang tak terpisahkan. Memang, melakukan belajar agar menjadi kebiasaan bukanlah hal yang mudah bagai menggenggam batu.Karena belajar membutuhkankonsentrasi pikiran,kesehatan fisik,ketekunan dan kepandaian untuk menangkap materi pelajaran yang ada.Mampu mengawali adalah kunci untuk membuka wawasan kita akan belajar.

Mengawali diri untuk belajar adalah hal berat yang dihadapi tatkala hendak melakukanya.Ketika kita mampu mengawalinya maka kita akan menuai gagasan-gagasan dari hasil belajar.Gagasan-gagasan inilah yang menjadikanya sebuah pengetahuan yang orang lain belum tentu mengetahuinya.

Gagasan dari hasil pemikiran dapat menuai kebiasaan yang telah ditindakkan sebelumnya.Kebiasaan untuk belajar adalah keinginan semua orang.Akan tetapi, kebiasaan inilah yang sulit dilakukan bila tidak mengetahui caranya.Ada beberapa cara agar bias melakukan kebiasaan belajar secara efektif adalah sebagai berikut: 


  1. Membaca materi pelajaran pada malam hari untuk pelajaran yang akan diajarkan pada esok paginya.
  2. Belajarlah terus-menerus setiap hari walau hanya satu jam.
  3. Mencoba melatig diri untuk menghitung ketika pelajaran exact.
  4. Selalu melakukan hal yang diperintah guru untuk menarik hati Sang guru agar mendapat sedikit simpati dari beliau.
  5. Menyadari bahwa dengan belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan dirinya.
  6. Berpandai-pandailah untuk menikmati dari proses  belajar yang tengah dijalani.
  7. Mencatat hal-hal penting yang diberikan oleh Sang guru di buku catatan pribadi.
  8. Memberanikan dira untuk mengatakanya bila ada hal yang tidak sependapat dengan Sang guru.
  9. Tidak takut salah ketika melakukan hal baru.
  10. Berdiskusi dengan teman yang lebiha pandai ketika menemui materi yang dirasa sulit.
  11. Jangan merasa belajar adalah sebuah beban.


              Yang terpenting adalah pelajar maapu mengawali dari proses belajar efektif yang menyenangkan dan tetap semangat melakukan kegiatan belajar hingga tujuan dari belajar tersebut dapat tercapai dengan hasil yang optimal.Dan perlu diingat juga,bahwa jangan berhenti belajar karena leleh.Jalani saja apa yang ada sesuai kemampuan maka kita bias menempuh kebiasaan diri untuk belajar yang lebih berarti.Itulah cara-cara belajar efektif yang dapat diuraikan.Semoga dapat bermanfaat dan dapat pula menjalankanya.Selamat mencoba…





No comments:

Post a Comment