Pages

Bilal yang dulu dan Bilal yang Sekarang, Asrama Zaid bin Ali, UIKA, dan Kehidupan Bilal

Friday, February 6, 2015
 Bareng Anak-anak Asrama Zaid bin Ali, kalau gak salah waktu mau SKB ke sentul


 Waktu ikut acara seminar di UIKA
 Kenangan lemari Bilal, yang sampai angkatan 14 ini masih ada yang mengingatkan dan ngirim fotonya.
 ibid
 Waktu lari pagi ke IPB
 Bareng Shofi

 Narsis di depan Dramaga Cantik, 2 tahun yang lalu

 Foto bareng pembicara, setelah ikut seminarnya, Bareng Shofi [Pakek Topi].
 Pembicaranya, bagian dari Adian Husaini

 Nyoba, pekerjaan pemotong rumput

 Kalau gak salah neh waktu ngurus NALA. Ada Rayhan Janitra,dah Hafia Ummari

Heheh… terpikir nulis ini karena barusan lihat-lihat foto ini yang diatas.

Ya , foto-foto itu ada di google drive, yang di Wisma IPB itu bareng shofi, entah kalau gak salah itu lari pagi, dan itu adalah dunia luar Bilal pertama kali, setelah di kurung selama 8 tahun di ponpes.

Ya itu adalah dunia, yang baru dan kala itu masih polos banget dan masih gak ngerti perjalanan kehidupan seperti mahasiswa lain, toh walaupun pada dasarnya umur kita lebih tua dari yang lain. Karena bergaul dengan ngobrol sering dengan perempuan ya baru ketika itu. Heheh polos bangetlah istilahnya. Dan masih seperti itu Bilal, gak ke urus, toh walalupun sekarang jujur masih belum sempurna terurus Bilal yang dulu sangat-sangat tak terurus. Karena memang dulu Bilal itu yang penting hidup, dan tak peduli apa koment orang. Hehehe bahkan sampek sekarang masih aja gitu, tapi sekarang ya lebih sadar diri aja, karena sekarang posisinya sudah presma kata orang. Hehehe.

Ya itu Bilal yang dulu, Bilal yang sekarang gimana? Entah Bilal yang sekarang ini, kayak gak seperti dulu lagi, hidupunya terombang ambing dan andai Bilal itu sedang jalan lurus, sekarang lebih banyak muter-muternya, lebih banyak mampir-mampirnya, dan agak peduli dengan coment orang. Jadi kalau mau gini, takut di coment gini, takut di coment gitu. Ya entahlah, mungkin karena tunggal itu jadi gak enakan sama orang. Kalau dulu biasa aja, entah sekarang kok jadi begitu. Entahlah. Gak ngerti juga. Yang jelas ada hal yang salah  untuk Bilal yang sekarang dan butuh untuk diperbaiki. Untuk jalan Bilal yang lebih baik lagi.  

Dan dari dulu, Bilal itu belum pernah punya orang yang deket banget gitu sama Bilal, karena semua orang itu dekat sama Bilal hanya dalam bidang tertentu. Jadi ada bidang-bidangnya tertentu. Di bidang ini, Bilal dekat sama ini, di bidang ini Bilal dekat dengan ini, dan dibidang ini Bilal dekat dengan ini. Yang nekat ala kulli hal dengan Bilal siapa? Gak ada, karena secara nyata Bilal juga belum ngerti Bilal secara sempurna, sehingga banyak yang sulit mengerti Bilal juga. Jadi oleh karenanyalah Bilal itu belum ada orang yang benar-benar dekat.
Kan biasanya orang-orang itu punya teman dekat, cuman Bilal masih belum? Entah kapan bakal menemukan sosok yang benar-benar bisa ngerti Bilal luar dalam. Heheh. Di pondokpun dulu Bilal gak ada yang benar-benar dekat. Karena hidupnya Bilal itu banyakan sendirinya.
Kadang Bilal itu suka ramai, kadang juga Bilal itu suka sepi, dan kadang Bilal itu suka di ganggu, kadang juga Bilal itu benci banget dengan gangguan. Yang jelas sifatnya ngadang-ngadang. Yang jelas Bilal itu betean, bentar-bentar bête.

Tapi dalam hati Bilal yang paling dalam, orang yang bisa dekat dengan Bilal dan bisa mengerti Bilal luar dalam, suatu saat orang itu bakal jadi orang hebat. Baik hebat bareng Bilal, atau hebat dengan dirinya sendiri.

Tak sedikit orang-orang yang pernah dekat dengan Bilal, mereka sudah memiliki jalan dan dalam pandangan Bilal mereka semua memiliki jalan yang sama-sama menuju kesuksesan. Amin.
So, Bilal dulu dan Bilal yang sekarang itu beda banget, tapi ya tetep aja kumuh, karena hidupnya memang gak pernah teratur dan gak ada yang ngatur.

Jadi sejak dulu, Bilal itu biasa mengatur dirinya sendiri, toh walaupun mungkin masih banyak salahnya, dan dari dulu juga Bilal itu gak suka di atur-atur dan juga gak suka di ajarin. Entah kenapa bisa begitu, toh walaupun sekarang Bilal belajar untuk mengerti itu.

Ya intinya Bilal yang sekarang Belajar gak kayak dulu lagi, toh walaupun dalam banyak hal masih aja sama. Kalau lagi bad mood atau males ya udah gitu. Dulu waktu di pondok kalau lagi males makna kitab, ya udah gak di kasih makna, di biarin aja kitabnya, tanya sama Bustomi anak warung dowo. Dia duduk satu bangku sama Bilal dan itu di pojok belakang dan biasanya di tempat kita itu Bilal selalu bawa buku bacaan atau majalah atau bulletin atau apalah yang bisa di baca. Kalau lagi males makna baca buku atau baca majalah itu, kadang juga mentok maen hp minjem. Hehe [kalau ada keamanan pondok yang baca pasti di marahin neh]. Terus juga, ya ngandang-ngadang gitu, kalau lagi semangat, sejam jadi, kalau udah gak semangat pasti lama bet. Dan Bilal itu tipe-tipe yang kadang suka perhitungan, dan kadang gak peduli sama hitung-hitungan yang kadang asal aku senang aja udah gak peduli sama hitung-hitungan itu. Entahlah intinya belum bisa ajek [bahasa jawa]. Kalau kata anak treen sekarang itu masih ababil. Heheh

Terus Bilal itu juga, gimana ya, gak bisa dipaham lah. Dia itu maunya sendiri, cuman sekarang lagi belajar aja. Karena hidup Bilal itu gak bakal sendiri juga untuk kedepan. Jadi harus belajar saling mengerti. Pun begitu di organisasi sedikit juga dari mereka yang ngerti Bilal. Kadang mengerti Bilal juga karena udah kenal dari dulu dengan Bilal. Semoga aja mereka terus kenal dan mengerti Bilal dan tidak ada masalah kedepan. Some time, kalau udah percaya sama orang, Bilal itu percaya banget. Tapi kalau udah pernah di kecewain, pasti nandai. Heheh maklum ciri-ciri anak pertama itu. Heheh

Terus Bilal itu juga, ya banyaklah, kalau mau di jelasin, kadang bagi orang lain itu biasa, gitu, tapi bagi Bilal itu gak harus begitu dan begini.


Ya udahlah gitu aja, tentang Bilal. Toh walaupun menurut sayyidina Ali “gak ada gunanya kamu ngejelasin tentang kamu pada siapapun”. 


M. Albilaluddin al-Banjari
Presiden Mahasiswa STEI Tazkia 2014-2015
Hp: 0858-558-321-66, 
Email: bilalgrups@gmail.com
Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: 5281cb04, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID 

No comments:

Post a Comment