Pages

Memilih Pemimpin, Tipe-tipe Pemilih Pemimpin, dan Sebuah Harapan

Tuesday, May 12, 2015
Pemilihan, kamu memilih dan menentukan siapa yang akan menjadi pemimpinmu selama setahun kedepan, atau selama priode 2015-2016. Ya itu dalam ranah pemilihan stei tazkia yang memiliki masa bakti satu priode.  Berbeda dengan Negara yang sampek 5 tahun.
Dalam hal pemilihan dan memilih serta menentukan siapa yang akan menjadi  pemimpin kita ada beberapa h al yang perlu ditanyakan pada diri sendiri dan pertanyaan itu menjadi acuan apakah dia akan baik dan tidak dalam membawa sebuah organisasi.

Pertanyaan pertama, adalah Siapakah dia?
Kenapa dia harus aku pilih?
Apa yang saja yang sudah ia lakukan?
Dia tipe orang seperti apa?
Bagaimana perjalanan hidup dia?
Dan hal terkuat apa yang menyebabkan dia harus di pilih?
Dan apa motivasinya dia berkeinginan untuk di pilih?
Dan pertanyaan lain yang bisa di buat oleh kita sendiri. Untuk menjadi acuan dan jalan keluar dalam menentukan orang yang akan menjadi pemimpin kita.
Hanya saja, yang perlu di ketahui ada sekitar 3 tipe manusia dalam hal pilih memilih, dan dalam hal menentukan pilihan, baik dalam hidup, dalam keluarga, dalam bisnis dan begitupun dalam hal memilih siapa yang akan menjadi calon pemimpin kita. Yakni:
1.      Tipe manusia BEO, BEBEK, atau ikut-ikutan
2.     Tipe Fanatik buta, atau membatu
3.      Tipe apatis masa bodo dan tidak peduli

Tipe tipe ini ada dalam setiap pemilihan dan setiap pencalonan.
1.      Tipe manusia yang membebek
Yakni tipe manusia yang hanya ikut-ikutan aja, dengan artian dia tidak memiliki pendirian dan tidak mengerti dengan sendirinya, siapa calonnya, bagaimana dia, seperti apa dia, dan lain sebagainya. Mereka hanya sekedar ikut dan mencoblos sesuai siapa dan timses mana yang memiliki pengaruh kuat untuk merubah pemikiran dia.
2.     Tipe yang fanatic buta
Tipe yang mau tidak mau harus dia, bagaimanapun harus dia, dengan apapun harus dia, artinya tanpa memandang secara jelas dan terang tentang person daripada calon pemimpinnya itu. Dan dia akan selalu beranggapan bahwa capres yang di pilihnya benar.
3.      Tipe masa bodo, tipe ini adalah tipe yang sudah tidak mau tahu dengan apa yang terjadi disekitarnya. Dia lumrahnya adalah orang yang memiliki minat khusus atau orang yang memang benar-benar tidak peduli lagi dengan semua. Dia tidak mau tahu tentang siapa capresnya, lagi ada apa di kampus, lagi terjadi apa di kampus dan lain segabainya.

Ketiga tipe ini akan selalu ada di kampus dan tinggal kita perhatikan, kita termasuk yang mana, dan orang-orang di sekitar kita itu termasuk yang mana? Jika termasuk yang nomer tiga, kenapa kok sampai segitu tidak pedulinya. Kalau termasuk yang nomer 2 kenapa kok sefanatik itu, bukankah kita bisa melihat sebuah keberan. Dan kalau termasuk tipe yang nomer 1, bukankah kita itu punya akal dan fikiran, kenapa tidak mikir dan kenapa tida memilih dengan benar dan mengenali semua sisi dari calon-calonnya.

Lalu yang baik tipe yang mana? Tipe yang baik adalah tipe yang tidak berada dalam tiga hal tersebut. Ya tinggal kalian bikin sendiri.
Selamat berdemokrasi STEI TAZKIA, semoga pemimpin setelah ini adalah pemimpin yang lebih lagi daripada masa sekarang. Semoga 2015-2016 lebih baik, lebih oke, lebih wah, dan lebih hebat daripada 2014-2015. Amin
Salam
M. Albilaluddin al-Banjari
Presiden Mahasiswa STEI Tazkia 2014-2015
Hp: 0858-558-321-66, 
Email: bilalgrups@gmail.com
Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: 5281cb04, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID 


No comments:

Post a Comment