Pages

MENGELUH, BERCERITA VS MENCARI SOLUSI

Monday, July 24, 2017
imsak dan orang-orang imsak 
Pada dasarnya semua manusia hidup itu punya masalah. Siapapun itu, bahkan Rasulullah pun juga memiliki masalah dalam menyebarkan islam, baik itu yang di cemooh lah, yang dj tolak lah, yang di hina lah, yang di lempar kotoran lah dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dalam setiap masalah itu ada hikmahnya, ada jalan keluarnya, ada titik terangnya, kalau Allah bilang dalam Qur'an "Minta tolonglah kamu, dengan bersabar dan shalat". 

Begitupun dalam merespon sebuah masalah, setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengeluh, ada yang curhat dan ada yang mencari solusi. Ada yang bilang 'Jika kualitas kamu lebih kecil dari masalah, maka masalah itu akan terasa besar, tapi jika kualitas kamu lebih besar dari masalah maka masalah akan terlihat kecil. So coba renungin, yang manakah kamu dalam hal ini? Lebih kecil dari masalah atau lebih besar?

Pada dasarnya, hal yang paling penting ketika terjadi sebuah masalah adalah mencari jalan keluar. Mencari jalan penyelesaian. Makanya kalau dalam urusan nikah, ketika suami istri bermasalah dan tidak mau saling ketemu, maka Qur'an suruh kita untuk megutus hakaman min ahlihi, wahakaman min ahliha. Bukankah begitu?

Itu artinya kamu di minta mencari penyelesaian masalah, kamu di minta mencari solusi kepada orang yang lebih tau, lebih bijak, lebih berpengalaman dan lebih negerti. Oke? 

So, jika kamu punya masalah dan kamu cerita sama orang yang tidak pernah mengalami masalah itu, tidak ngerti masalah itu, apakah dengan cerita pada orang tersebut masalahmu akan terbantu dan terselesaikan? 

Lebih naif lagi, jika kamu cerita sama orang yang kualitasnya di bawah kamu, akhirnya malah menambah masalah. Ya kan? 

Oleh karenanya, 1. Coba kita belajar terus untuk meningkatkan skill kita, dalam segala skiil, tapi pastikan ada skill unggulan dalam diri kamu. 2. Belajar itu tanda orang yang akan maju, bukan dengan belajar atau diajari itu berarti bodoh. Memang ada orang yang gak mau di ajari, karena dia mau mencari sendiri apa yang ia inginkan dan apa yang mau dia pelajari. 3. Banyakin kenalan orang yang lebih hebat dari kita, belajar sama mereka, berguru sama mereka, dan jangan banyak membantah, selama apa yang dia suruh atau yang dia perintahkan tidak melanggar hukum Tuhan dan tidak melanggar syariat.

Oke, selamat pagi, kalau kamu sedang punya masalah, pahami tulisan ini, baca lagi dan baca lagi sambil di renungi, minimal tiga kali di baca dengan renungan dan hati terbuka serta hati yang mau belajar. 

So, selamat beraktifitas, semoga Allah mudahkan urusan kita semua. Amin. 

And berhenti mengeluhkan masalah, kurangi bercerita tentang masalah dan banyakin mencari solusi. Insyaallah berkah hidupmu.
Salam
CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
Rabu 18 Januari 2017
06:26

M. Albilaluddin al-Banjari
                                                                                        CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
 Hp: 0858-558-321-66, 
Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: 5281cb04, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID

No comments:

Post a Comment