Pages

Kompres Tanpa Obat: Sebuah Catatan Kehidupan

Saturday, September 8, 2018

Selagi masih kecil ada pengalaman yang tak terlupakan sampek saat ini dan bahkan mungkin sampek kelak ketika sudah di puncak keadaan. 



Kala itu aku yang masih kecil, dan belum begitu banyak paham tentang kehidupan, tertidur sendiri, ingin berebah dan mengistrihatkan diri. 


Di sebuah ruangan yang di tutup dengan anyaman bambu, dengan tikar anyaman khas orang kalimantan, dan tumpukan kaset tempoe dulu dengan tape dan salonnya. 


Malam itu tidak ada orang, semua sedang ikut acara di desa sebelah, mengikuti acara pengajian yang memang rutin di adakan.


Ingin memejamkan mata, tapi mata tak terpejam karena kulit ketika di sentuh terasa panas, sedang diri ini merasa sedang kedinginan. Ingin mengeluh, tak ada tempat berkeluh, ingin berteriak tak ada tempat berteriak. Aku yang kala itu cuman bisa terbaring. 


Tubuh terus terasa panas, dan keadaan terasa semakin tidak bersahabat. 


Akupun membasahi songkok putih lusuh yang setiap hari aku pakek untuk mengaji dan sekolah di sore hari untuk mengkompres kepalaku agar tidak terasa panas. Aku basahi dengan gayung yang aku isi air dari drum tempat penampungan air dari pancoran rumah. Drum yang di dapat dari bekas tambang-tambang batu bara yang beroperasi didekat desa kami, atau bahkan juga bekas tempat pembakaran semen, yang masih sangat aku ingat pernah memilihara ikan di dalamnya. 


Kompres dari songkok yang aku basahi dengan air hujan itu aku letakkan di dahi. Dan akupun tertidur, setelah bangun tubuh sudah terasa lebih enak dan sudah normal kembali. 


Kompres yang pernah aku lakukan itu terus aku pakek sampek aku mondok, kuliah dan keliling di penjuru negeri. Ya Kompres. 


Suhu tubuh memberikan pelajaran yang sangat penting, dan mengajariku sebuah ilmu kesehatan yang terasa manjur untukku, yang juga sangat berhemat dalam penggunaan uang kiriman dan receh yang aku punya. 


Semoga semua sehat, dan di mudahkan semua urusannya. Amin 

BACA JUGA


Serasa di DPR hmm: KLIK HERE


Kiat Dekat Dengan Anak: KLIK HERE


Cerdas Finansial: KLIK HERE 


                                         
                                                                                            M. Albilaluddin al-Banjari, SH   
                                                                                         CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
 Hp, Wa, Sms : 0858-558-321-66, 
 Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: D74953C2, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID
                                                                                                                Blog: bilalgrup.blogspot.com

No comments:

Post a Comment