Pages

A to Z Nya Mondok Di Pondok Pesantren Sidogiri Part 1

Wednesday, August 23, 2017

Acara Pelatihan operator daerah Pondok Pesantern Sidogiri
Tulisan ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang pondok pesantren sidogiri, terutama bagi yang awam banget dengan pondok pesantren sidogiri, maksudnya awam banget itu, tidak punya saudara yang punya anak mondok di sidogiri, terus tidak pernah sama sekali ke sidogiri, tidak juga punya keluarga yang anaknya mondok di sidogiri.


Kebetulan juga saya di tahun ini menjabat sebagai bagian staf sekretaris satu, bagian WA Center dan SMS Center, dan memang beberapa calon wali santri banyak yang membutuhkan informasi tentang pondok pesantren sidogiri.

Baik mulai saja ya, begini.

Biasanya yang di tanyakan itu terkait:

1.     Biayanya berapa? Biasanya untuk pertanyaan ini saya meminta wali santri untuk membaca lagi tentang prosedur pendaftaran santri baru pondok pesantren sidogiri.

2.     Pertanyaan yang kadang juga di tanyakan, di sidogiri bisa menerima lulusan SMA, dll atau lulusan apalah gitu? Jawabannya Bisa, batasannya minimal umur 9 tahun. Dan mondok di sidogiri di syaratkan juga harus bersekolah, artinya di sidogiri belum ada santri yang nyantri untuk ngaji aja, kecuali dibulan Ramadhan. Jadi kalau terlalu sepuh atau terlalu tua dan tidak bisa mengikuti sekolah di sidogiri belum bisa diterima.

3.     Terus biasanya lagi, di sidogiri boleh pakek celana? Pakek celana boleh, tapi khusus daleman, dan sehari hari di sidogiri pakek sarung, boleh pakek kaos di waktu-waktu kosong dari kegiatan, tapi tetap harus sopan dan tidak bergambar. Untuk terkait peraturan berbaju dan kaos ini tertuang di peraturan bagian keamanan sidogiri.


4.     Kalau makan di sidogiri bagaimana? Kalau makan di sidogiri ada dua cara, bisa beli di warung-warung penjual sekitar pondok,  atau beli di kopontren sidogiri unit dua yang ada di dalam area pondok. Atau cara yang kedua masak sendiri, akan tetapi untuk yang masak sendiri ini masih ada di Daerah atau asrama I, sedang untuk asrama selain I masih belum tersedia, sebab dapur umum yang ada sudah di bongkar dan di jadikan gedung sekolah.


5. Untuk penentuan kelas bagaimana? Untuk kelas, itu tergantung calon santrinya mau masuk kelas berapa, akan tetapi harus mengikuti tes, kalau lolos tes, maka bisa masuk kelas yang diinginkan, kalau tidak lolos tes maka oleh penguji akan di turunkan sesuai dengan hasil nilai tes nya, dan jatah tesnya tiga kali, artinya, tidak lolos sekali, masih bisa tes lagi, tidak lolos lagi, bisa tes lagi, sampek tiga kali, kalau ketiga kalinya gak lolos lagi, maka di tempatkan di kelas sesuai nilai yang di dapat. Akan tetapi untuk santri yang memang masih baru banget dan belum ada pengalaman dalam dunia pendidikan salaf, maka di arahkan ke I’dad al miftah, program percepatan baca kitab.


6.    Apa boleh bawa kasur atau bawa lemari sendiri? Untuk yang ini jawabannya tidak boleh, atau lebih tepatnya belum boleh, karena untuk lemari tempat kitab dan baju sudah di sediakan oleh pondok, sedang untuk kasur memang tidak boleh. Yang boleh hanya selimut dan bantal. Ya hanya selimut dan bantal.


7.   Kalau syahriah atau SPP nya berapa? Di sidogiri tidak ada syahriah atau SPP. Adanya I’anah maslahah dan itu di bayar setahun. Bisa di bayar langsung 100 persen atau 50 persen, sisanya nanti setelah libur maulid. Berapa besarnya I’anah di sidogiri, tergantung pada tingkat pendidikannya, detail lihat di sini.


8.     I’anah itu mencakup apa aja? I’anah itu mencakup tempat tinggal atau kamar, fasilitas yang ada di daerah atau asrama dan kamar mandi, sedang untuk baju seragam beli sendiri di kopontren, untuk kitab kitab juga beli sendiri di kopontren atau di kantor sekolah. Artinya I’anah itu tidak mencakup baju seragam, dan kitab. Ini penting, karena ada sebagian wali santri yang tidak menyiapkan anggaran untuk putranya beli baju seragam dan kitab-kitab yang akan di pelajarinya. untuk harga sarung antara 60.000-80.000an, untuk baju 50.000-.70.000, untuk kaos olahraga harganya 80.000-100.000 (kaos sama celananya)


9.    Kalau seragamnya kayak gimana? Seragam sidogiri itu baju putih, sarung hijau, ada juga seragam kasti, bentuknya bisa di cek di gambar. Seragam sekolah juga bisa di cek di gambar. Untuk merknya apa? Kalau baju itu merk sidogiri, untuk sarung juga merk sidogiri.
Seperti ini seragam sekolahnya

 
Ini seragam olahraganya, untuk kasti, tapi kalau hari hari biasa tidak pakek songkok
10.Di sidogiri ada extra kurikuler gak? Di sidogiri ada extra kulikuler, untuk tsnawiyah kasti, dan untuk aliyah folly dan pencak silat, itu aja tidak ada yang lain. Sedang untuk keterampilan tambahan serperti tahsin khot, pidato, desain, exel, words, itu lumrahnya diadakan oleh ISS Pusat. Apa itu ISS? ISS itu Ikatan Santri Sidogiri, perkumpulan semua santri sidogiri, dan ada konsulat, konsulat tertentu sesuai dengan daerah asal masing-masing. Seperti konsulat kalsel untuk yang berasal dari propensi kalsel, atau kalbar bagi yang Kalimantan, kalau yang di jawa biasnaya mengikuti kabupaten, dan nanti ada juga di bawah konsulat itu komisariat. Detail insyaAllah akan paham kalau udah di sidogiri. Ada juga konsulat istimewa, bagi yang memang santri asal dari daerah tersebut masih minim maka di masukkan pada konsulat istimewa.


Jadi extranya itu aja, belum ada basket, belum ada bal, belum ada juga renang dll. Itu aja yang ada. Ada juga gym, tapi ini teruntuk yang sudah aliyah.

Terus untuk belajar mading, tulis menulis membuat buletin membuat majalah yang terkait jurnalistik itu di dakan oleh instansi instasi yang terkait, semisal kalau sudah aliyah ada majalah ijtihad, bagi yang tsanawiyah ada banyak madding untuk mengasah ilmu jrunalistiknya.

11. Kapan saja boleh menjenguk putranya? Untuk waktu tertentu tidak ada, tapi yang banyak wali santri itu berkunjung ke sidogiri pada hari jumaat karena memang pada hari jumaat adalah hari liburnya santri, dari pagi sampek jam 9 masih kosong dari kegaian sekolah. Jadi bisa digunakan untuk bertemu orang tua


Kalau hari hari biasa boleh? Boleh, asalkan tidak sedang ada kegiatan madrasiah, atau kegiatan di sekolah atau kegiatan ma’hadiyah atau kegiatan pondok.


12. Prosedur boyong, ijin pulang, ijin study banding bagaimana? Silahkan klik di sini. Ada di bagian akhir dibagian lampiran, detail di situ di jelaskan. Itu namanya Tamassya,tamasya itu laporan tahunan pondok pesantren sidogiri.



13. Kalau baju ada batasannya? Betul ada batasannya, sesuai yang tertuang di buku saku pondok pesantren sidogiri, baju segini sarung segini dan kaos segini.



14. Apakah ijazah sidogiri bisa untuk umum?untuk ijazah baik tsanawiyah atau Aliyah di pondok pesantren sidogiri sudah muadalah, artinya sudah bisa di gunakan untuk melanjutkan ke jenjang umum. Ke Aliyah negeri, atau ke perguruan tinggi.  

Terus lagi sebagai keterangan tambahan, karena pondok sidogiri itu kurikulumnya tidak ikut kemenag atau mendikbug atau depag, jadi tidak bisa langsung melanjutkan jenjang pendidikan yang sudah di lalui di rumahnya. 

artinya begini, jika dirumahnya sudah lulus SD, lalu ke sidogiri mau melanjutkan tsanawiyah, itu tidak bisa, kerena kurikulumnya sendiri, mata pelajarannya sendiri, (tidak mengacu ke depag, mendikbud, atau kemenag) jadi tidak bisa melanjutkan. Harus lewat tes. 

Dan kelasnya nanti akan di tentukan oleh tes itu. 

Kurikulum pondok sidogiri berbasis kitab kuning, hampir semua pelajaran adalah kitab kuning. 


15. Kalau harga satu kali makan berapa? untuk makan tergantung pada lauknya, ada yang cukup dengan harga 3500 sekali makan, ada juga 5000, bisa juga sampek 7000 dan bisa juga 15000 tergantung lauk yang di minta sama penjualnya. Untuk minumnya gimana? untuk minumnya bisa juga beli di penjual sekitar pondok atau bisa juga beli di kopontren, atau minum di pet-pet yang di sedikan khusu untuk minum santri. 


UNTUK PERTANYAAN LANJUTAN BISA DI KLIK HERE


Untuk sementara ini dulu, kalau ada hal ikhwal pertanyaan yang belum ada di sini bisa di tanyakan lagi ke WA Center Pondok Pesantren Sidogiri: 0853-1158-1745 atau di email: sidogiri@gmail.com

BACA JUGA:


Istialah-istilah di Pondok pesantren sidogiri : KLIK HERE

Study Banding Ke PPS : KLIK HERE1     KLIK HERE2 

Nomer Telpon Instansi dan Asrama di PPS : KLIK HERE 

                                                                                    M. Albilaluddin al-Banjari
                                                                                             CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
 Hp: 0858-558-321-66, 
Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: D74953C2, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID

No comments:

Post a Comment