Pages

ARTI SEBUAH KEPEMIMPINAN, PESAN UNTUK SEMUA CALON PEMIMPIN TAZKIA

Thursday, May 3, 2018



Ini dasar yang harus di pegang, karena ini adalah hal yang paling penting dan paling urgent, baik untuk skala nasional ataupun skala desa, atau skala kampus sekalipun dalam skala apapun ini yang paling penting, karena ini juga yang di ajarkan oleh Rasulullah saw. 



Apa yang urgent itu, yang urgent itu adalah prinsip kebermanfaatan. Prinsip kebermanfaatan itu adalah prinsip "Siapapun kamu, posisi kamu apa, dan kamu orang mana kamu harus tetap bermanfaat". 


Artinya gini, sebelum atau sesudah kamu menjadi pemimpin kamu harus tetap memegang asas bermanfaat dan berguna itu, sekecil dan semampu kamu berbuat. 


Semisal gini "Sebelum kamu nyalon, kamu siapa? dan ternyata gak ada yang tahu kamu, kamu gak pernah aktif dalam kegiatan organisasi, kamu gak pernah aktif dalam kegiatan sosial, kamu gak pernah aktif dalam dunia bisnis, kamu juga gak pernah aktif dalam dunia apalah gitu... Artinya kamu bukan siapa-siapa sebelumnya. Lalu ujuk-ujuk kamu nyalon, kamu janji ini dan itu. Gimana orang lain mau yakin dan percaya, wong mereka kenal aja gak. 


So, dari awal kamu sudah SHOW kalau kamu memang bisa memimpin, bisa berbuat, dan bisa bermanfaat, sekecil dan semampu yang kamu bisa lakukan. 

Bersama Mas Mansur Suryanegara, Penulis Api Sejarah 
Lalu kalau sudah sekarang dalam pertarungan gimana? Ya bertanrunglah sehat, dan berjanjilah sesuai apa yang bisa kamu lakukan. Sesuai apa yang kamu dan mentri serta staf-staf kamu kelak bisa lakukan. 


Jangan gerah dan jangan malu untuk belajar dan untuk bertanya. Karena ilmu itu luas dan banyak versi, kamu harus bertanya, kamu harus menerima semua masukan dan krtikan, tapi yang menentukan pilihan dan ketentuan dalam hidup dan pilihanmu itu kamu sendiri. 


Udah gitu aja, artinya tetaplah bermanfaat, jadi atau tidaknya kamu. 


Semisal gini "KAMU GAK KEPILIH" kamu harus tetap bermanfaat, bermafaat buat negara kalau memang skala negara, bermanfaat buat kabupaten, kota, kecamatan atau desa, kalau memang skalanya skala yang lebih kecil. Atau kalau dalam skala kampus, kamu tetap harus bermanfaat dan berguna buat kampus, jadi atau tidaknya kamu. 


Karena berbuat dan berguna itu tidak hanya dalam bentuk jadi presiden mahasiswa, jadi selain itu juga bisa bermanfaat. 


Kalau cuman pengen nambah CV saja, mending gak usah deh, sayang. Tapi kalau memang buat kebermanfaatan umat, untuk kebaikan dan kamu yakin kamu bisa memimpin, lanjutkan dan jadilah yang pertama dan yang sukses. 



Sudah itu aja pesanku, tetap bermafaat, dan jadilah kamu orang yang hebat dan berguna buat semua. 



BACA JUGA


ORASI KEMENANGAN BEM TAZKIA 14-15  : KLIK HERE

Pesan Presiden Tazkia Untuk Wisudawan : KLIK HERE

Harapan For BEM STEI Tazkia : KLIK HERE 



                                         
                                                                                            M. Albilaluddin al-Banjari, SH   
                                                                                         CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
 Hp, Wa, Sms : 0858-558-321-66, 
 Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: D74953C2, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID
                                                                                                                Blog: bilalgrup.blogspot.com

No comments:

Post a Comment