Pages

Perjalanan, Bogor, Jakarta, Malang, Sidogiri, Bangil, Jogja, Bogor Again: Destinasi Yang Mengesankan

Friday, December 2, 2016

Karena Foto Jogja Dllnya belum bisa di pindah, jadi fotonya foto ini aja dulu ya, hehe. Yang wisudaan juga belum di upload. Kalau ini foto masa dedek Bilal hehe.
Berawal dari niat, dan adanya kesempatan, terjadilah sebuah perjalanan. Ini mau menceritakan tentang perjalanan yang sudah di lakukan. Ya perjalanan dari Bogor, Jakarta, malang, kraton, bangil, Jogjakarta, Jakarta dan bogor.

Bermula dari niatan untuk datang ke pondok ngadep ke pengurus dan pengasuh untuk memberitahukan bahwa Bilal sudah selesai dalam menempuh jenjang pendidikan S1nya, dan telah siap untuk mengabdikan diri untuk pondok pesantren. Berhubung karena itulah ibu Negara juga bermaksud untuk ikut sekalian juga mampir dan silaturrahim dengan teman-teman yang dia punya di malang atau di jogja.


Akhirnya berangkatlah, sore kamis, semalaman di kereta, sampai di stasiun kepanjen malang sekitar jam 8 an pagi, langsung mampir kerumah Roihan Riksa, teman pondok, yang dulu sama-sama suka menulis, bahkan saya di ajari beliau menulis. Sehingga bisa menulis sedikit demi sedikit.

Sampai disana di sambut dengan the hangat, bercengkrama dan bercerita, langsung makan pagi, saling tukar buku, buku terbaru beliau. Selain itu beliau juga sedang mennggu kelahiran anak pertamanya, plus juga beliau lagi merintis aba book corner, jadi selain menulis buku, beliau juga menjual buku dari penerbit-penerbit lain. So, kalau lagi di malang mampir aja kebeliau, butuh buku apa insyaAllah ada. Heheh

Setalah dari sana, langsung ke UIN Malan, bermain ke teman ibu Negara sewaktu di pondok di Kalimantan, bertermu, maen ke tempat-tempat nongkrong, plus cerita-cerita tentang masa lalu yang sudah hilang, plus melihat kehidupan di malang, yang dingin, adem tenang, maen ke kontrakan umi yang katanya punya mantan rector, lumayan luas plus enak heheh. Udah bawaan orok kayaknya, tiap ada kosan selalu di tanya detail, punya siapa, berapa pintu, berapa perbulan, bagaimana rame gak dll lah hehhe. Udah.

Sore setelah jumaat berangkat menggunakan bis ke warung dowo, sampai warung dowo sore, hampir magrib, ikut becak motor ke sidogiri, langsung ke balai tamu, namun karena rutinitas hari jumaat balaitamu di bersihin sorenya, jadi gak bisa bertempat, akhirnya silaturrahim di kantor LAZ bersama si Lang, hehe si Lang ini, dulu teman di masa berada di Jamub, di paling keren dalam dunia pidato, sering lomba dan sering menang, pas sekarang di tanya apa masih sering lomba? Ternyata udah gak, sekarang udah ngejuriin katanya. Wieh keren ya, kariernya meningkat berarti hehe. Semoga berkah dan bisa jadi da'I yang kelak mengharumkan nama sidogiri di Indonesia bagian timur sana hehe.

Lanjut, akhirnya nginep di tempat abang kakak kelas di sidogiri dan tazkia, cuman sebelum ke tempat beliau, masih sowan bentar ke ust ilham yang  juga kakak kelas di tazkia, kakak kelas jauh malah. Hehe. Cerita-cerita, ngambil hikmah, ngambil ilmu, ngambil pengalaman.

Pagi, barulah ke pengurus pondok, tetapi pas pagi juga masih mampir ke pasar ngempit, pasar kenangan dulu, beli dawet, beli nasi jagung, hehe. Dulu sewaktu masih di pondok kalau ke ngempit biasanya beli dawet itu plus beli nasi jagung, masih penjual yang sama, di tempat yang sama juga heheh.

Agak siangan sowan kadalem, cuman gak ketemu dengan beliau karena beliaunya lagi miyos. Akhirnya ahad pagi berangkat dari stasiun bangil menuju Jogjakarta, sampai d ijogaja sore, nginep dihotel dekat prambanan, dan paginya muter-muter di prambanan, sampai siang, siang jam 12 cekout dari hotel lanjut ke UII kampus besar nan luas serta asri, tempat dimana ketua hmass Indonesia mengenyam pendidikan, ketemua beliau, langsung di bawa ketempat yang indah hehe makan, jajan, cerita-cerita, nyamri ilmu, hehe banyak banget ilmu yang di dapat, termasuk juga prosepek hmass ke depan, saat itu juga di jempuat oleh Zainuddin Rusydi beliau di pondok dulu bagian Buletin Sidogiri, yang sekarang baru kuliah di jogja juga di UII.
Sore langsung ke mampir ke UII, foto-foto, ternyata UII itu tempat lahirnya HMI, dan pendiri HMI juga ternyata kuliahnya disana, dan banyak orang-orang hebat yang berada disana.
Shalat magrib di masjid UII, masjidnya berada di lantai dua, pakek lif (maaf kalau salah tulis) hehe, terus setelah shalat langsung kerumah Nadi elmadani, alumni sidogiri yang juga menempuh pendidikan di UII, nginep, lalu pagi baru go ke malioboro dan sekitarnya, di sini, Ibu Negara banyak dapat ilmu tentang bisnis, dan juga dapat relasi bisnis. Hehe.

Dan alhamdulillahnya juga, dapat buku dari ketua hmass Indonesia, memang rezeki anak sholeh, heheh, bukunya kerena, kalau mau ya langsung aja sama penulisnya, Syamul Arifin Munawwir  Oke. Gak promosi kok emang keren, kumpulan tulisan beliau sewaktu beliau masih sibuk di pondok dulu, beliau juga di pondok, ada di bulletin sidogiri , pernah menjadi kepala perpustakaan, pernah di OMIM juga, dan banyak lah, tar kamu liat aja di belakang sampul bukunya.

Setelah itu, duhur udah kelelahan, setelah juga mampir ke tugu, langsung ke stasiun, memesan tiket, langsung sore pulang ke pasar senin Jakarta, dan sampai di Jakarta jam 3 pagi, yang harusnya jam 2 40an menit, langsung shalat subuh, menunggu aptb, lalu sampailah kami di kediaman masing-masing, mengisi kesibukan, aku di asrama kembali, ibu Negara juga kuliah.
Akhirnya kembali ke alam nyata, setelah mengisi hari dengan liburan, hehe.

So, kalau kamu bosen, jalan-jalanlah biar dapat inspirasi dan ilmu baru.

 M. Albilaluddin al-Banjari                                                                                                             
                                                                                            CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
Hp: 0858-558-321-66, 
Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup, BBM: 5281cb04, 
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID

1 comment:

  1. https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk

    Web: almawaddah.info

    Salam


    Kepada:

     

    Redaksi, rektor dan para akademik


    Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


    Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari web: almawaddah. info

    Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 


    Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan

    ReplyDelete