Pages

Traweh didesa, jadi inget rumah hehe. Rumahku kan desa heheheh, tapi Desa yang mengajarkan Hal Internasional heheh kww

Thursday, July 3, 2014
Sekarang, ya sekarang aku traweh di sebuah desa di sekitar sentul city. Kalau biasanya traweh di Andalusia masjidnya kampus, atau di Azzikra masajidnya Ust Arifin Ilham.
Sekarang sholat traweh di desa karena sekalian nganterin motornya Makkaeh Muiz. Taraweh di desa seru sama halnya dengan di rumah, karena anara satu shalat dengan shalat yang lain di batasi dengan bacaan Nida’, dan juga tidak terlalu lama. Bedahalnya dengan di Andalusia dan Azzikra yang lama hehehe, habisnya lelah kakinya kalau kelamaan berdiri, masih kebanyakan dosa sieh makanya gak kuat kalau ibadah lama-lama heheh.

Apa serunya, ya seru aja, bisa merasakan masa lalu dan masa sewaktu aku masih kecil yang suka teriak-teriak pas jawab bacaan nida’ itu.
Biasanya, setelah buka puasa ngaji dulu satu juz, setelah itu berangkat kelanggar atau ke masjid, kalau ke masjid pakek sepeda motor, kalau ke langgar biasanya jalan kaki karena dekat dengan rumahku didesa sana. Heheh
Sampai ke langgar shalat traweh, setelah shalat traweh biasanya tadarus, senengnya pas tadarus itu karena biasanya di kasih makanan sama yang punya langgar atau para jamaah bawa dari rumahnya khusu untuk dikasih kepada orang-orang yang ngaji.
Oke, serunya lagi kalau bulan puasa, biasanya musim ‘dur jedduran” istilah maduranya, yaitu bambu yang di lobangi di belakang dan di lobangi juga antara satu bukunya, diambil sekitar 3 meteran dan dari lobang di belakang itu dikasih minyak tanah, dan dari sanalah itulah timbullah bunyi yang nyaring yang biasanya di hidupin waktu sahur dan hampir hampir buka. Dan kalau sore biasanya ngaji, jadi kalau bulan puasa ngaji yang biasanya malam hari di langgar diganti kesiang hari. Dan disiang hari itulah sebagian waktunya di gunakan untuk menonton tv atau maen karet. Tapi kebanyakan dulu maen karet,kalau dalam istilah kita disana adalah maen “Bandar”, permainan itu yaitu membuat segi tiga ditanah yang diisi dengan satu dua tiga dan empat, dan bagi yang jadi Bandar menjaga segitiga tersebut dan bagi yang maen melemparkan karet dari tempat yang sudah di tentukan jauhnya, dan jika masuk ke lidi yang di pasang di titik satu sampai empat itu maka si Bandar harus membyar dengan karet juga. Heheh ya itu dulu. Dan dulu banget, heheh tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Itu sekitar umur  Bilal 11 tahunan, sekarang sudah 23, sudah tua, heheh. Tapi seneng aja kalau inget dan melihat anak-anak maen seperti itu. Jadi ingat masa lalu heheh. Maklumlah orang desa heheh.
Ya, itulah perjalanan. Itulah Bilal yang dulu, sekarang sudah beda, sudah ada di Bogor, sudah kuliah katanya, heheh tapi ya Bilal tetap aja Bilal, dan ia tidak tetap aja seperti  dulu, toh walaupun sekarang sudah belajar menyesuaikan diri. Ya doain aja Bilal bisa lebih baik lagi. Biar gak gampang marah, gak gampang cemburu, gak gampang bosen, dan gak gampang nyakitin orang, juga gak gampang bikin orang bête, heheh.
Bilal kata anak-anak gitu, ngebetein, bikin orang sakit hati, heheh tapi Bilal gak gitu sieh, menurut Bilal. Heheh ya doain aja ya, biar bisa lebih baik lagi, apalagi sekarang ngurusi orang banyak heheh.
Intinya adalah, kenangan masa lalu itu, mengusik aku. Heheh

Pojok Primrose Sentul City

No comments:

Post a Comment