Pages

Copasan from book: 7kebiasaan remaja yang sangat efektif

Wednesday, July 2, 2014

1.       Lain kali kamu bercermin, katakanlah sesuatu yang positif tentang diri sendiri
2.       Hargailah pandangan seseorang hari ini. Katakanlah sesuatu seperti. “Hei, itu ide bagus”.
3.       Pikirkan suatu paradigma tentang diri sendiri yang yang mungkin menghambat. Seperti “aku tidak supel”. Lalu, lakukanlah sesuatu hari ini, yang sama sekali bertentangan dengan paradigma itu.

4.       Ingat-ingatlah orang yang kamu sayang  atau teman dekat, yang memperlihatkan sikap yang yang tidak berkarakter (Buruk) belakangan ini. Renungkanlah apa yang mungkin menyebabkan mereka bersikap seperti itu.
5.       Kalau tidak ada kerjaan, apa sih yang kamu pikirin? Ingatlah, apapun yang paling penting bagimu, akan menjadi paradigmamu, atau pusat hidupmu.
Apa saja yang menyita waktu dan tenagaku......... .................................

6.       Aturan emas pasti berlaku! Mulailah hari ini, dengan memperlakukan orang lain seperti kamu ingin di perlakukan. Jangan tidak sabaran, mengeluh kalau dapat sisa, atau menjelek-jelekkan seseorang. Kecuali kamu juga ingin diperlakukan demikian.
7.       Carilah waktu dan tempat dimana kamu bisa sendirian, renungkanlah apa yang paling penting bagimu.
8.       Dengarkanlah lirik musik yang paling sering kamu dengarkan. Evaluasilah apakah lirik tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip yang kamu yakini.
9.       Kalau sedang mengerkjakan pekerjaan dirumah atau di tempat kerja malam ini, cobalah prinsip kerja keras. Tempuhlah jarak ekstranya dan lakukan lebih dari yang diharapkan .

10.   Lain kali kalau kamu berada dalam situasi berat dan kamu tiadak tahu harus berbuat apa, tanyalah kepada diri sendiri, “Prinsip apa yang harus aku terapkan (misalnya, kejujuran, kasih, loyalitas, kerja keras, kesabran)?, lalu, ikutilah prinsip itu tanpa menengok kebelakang lagi. 


Langkah-langkah bayi
Tepatilah janji-janjimu kepada diri sendiri
1.       Bangunlah pada waktu seperti yang kamu rencanakan selama 3 hari berturut-turut.
2.       Tentukan sesuatu tugas mudah yang perlu kamu kerjakan hari ini, seperti mencuci, atau membaca buku untuk tugas bahasa inggris. Putuskanlah kapan kamu mau mengerjakannya. Peganglah janjimu dan laksanakanlah.
Berbuat Baiklah
3.       Hari ini, berbuat baiklah tanpa disuruh, seperti menulis kartu ucapan terimakasih, membuang sampah, tau membereskan tempat tidur seseorang.
4.       Lihatlah ke sekelilingmu dan carilah sesuatu yang bisa kamu lakukan untuk membuat perbedaan, seperti membersihkan taman di lingkunganmu, kerja suka rela di pusat warga senior, atau membacakan bagi seseorang yang tidak bisa membaca.
Kembangkan talentamu
5.       Buatlah dafatar talenta yang ingin kamu kembangkan tahun ini. Tulislah langkah-langkah spesifik yang harus kamu ambil untuk sampai kesana.
Talenta yang ingin aku kembangkan tahun ini:..................................
Caranya:..........................................
6.       Buatlah daftar talenta yang paling kamu kagumi dalam diri orang lain.
Nama:                                                                                    Talenta yang kukagumi:
...................................                                                            .................................................
....................................                                                         ...................................................
....................................                                                         ...................................................





Langkah-langkah bayi
1.       Lain kali seseorang membuatmu marah, beri tanda damai saja sebagai balasanmu.
2.       Dengarkanlah baik-baik kata-katamu sendiri. Hitunglah berapa kali kamu menggunakan bahasa yang reaktif seperti “Gara-gara....”, “Aku harus....”, “Kenapa sih mereka tidak....”, atau “Aku tidak bisa.....”.
Bahasa reaktif yang paling sering ku gunakan adalah...........................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.       Lakukanlah sesuatu hari ni yang sejak dulu ingin kamu lakukan tetapi tidak berani. Tinggalkanlah wilayah nyamanmu dan kejarlah itu. Ajaklah dia kencan , angkatlah tanganmu di kelas, atau bergabunglah dalam sebuah tim.
4.       Buatlah catatan Post-It untuk dirimu sendiri : “Aku takkan membiarkan............................................................................................................................................. memutuskan bagaimana perasaanku”. Taruhlah di lemarimu, di cerminmu, atau di buku agendamu, dan sering-seringlah kamu memembacanya.
5.       Kalau ikut pesta lagi lain kali, jangan bersandar saja di dinding dan menantikan kegembiraan menghampirimu, kamulah yang haru mencarinya. Perkenalkan dirimu pada seseorang teman baru.
6.       Lain kali kamu terima nilai yang kamu anggap tidak adil. Jangan marah-marah atau menangis karenanya, buatlah janji bertemu sama gurumu untuk membahasnya dan lihatlah apa yang kamu bisa pelajari.
7.       Kalau kamu bertengkar dengan orang tua atau teman jadilah yang pertema untuk minta maaf.




Langkah-langkah bayi
1.       Tetapkan sasaran untuk menggunakan agenda selama satu bulan. Ikutilah rencanamu.
2.       Identifikasikanlah hal-hal yang paling membuang waktumu. Apakah kau sungguh perlu ngobrol dua jam di telepon, lihat internet sepanjang malam, atau nonton siaran ulang komedi situasi?
Yang paling membuang waktuku adalah...........................................................................................................................................................................

3.       Apakah kamu “Tukang menyenangkan orang lain”, yang mengatakan ya terhadap segalanya dan semua orang? Kalau ya, beranikan dirilah untuk mengatakan tidak hari ini, kalau memang harus begitu.
4.       Kalau kamu punya ujian penting satu minggu lagi janganlah menunda-nunda hingga satu hari sebelulmnya untuk belajar, belajarlah sedikit demi sedikit setiap harinya.
5.       Ingat-ingatlah sesuatu yang telah kamu tunda-tunda padahal sangat penting bagimu. Jadwalkanlah waktu untuk melaksanakannya minggu ini.
Hal-hal yang aku tunda selamanya:..............................................................................................................................................................................................
6.       Catatalah sepuluh batu besarmu, yang paling penting untuk minggu mendatang, jadwalkanlah waktunya.
7.       Identifikasikanlah suatu ketakutan yang menghalangimu dalam mnecapai sasaran-sasaranmu. Putuskanlah sekrang jug auntuk melompat keluar wilayah nyamanmu dan berhentilah membarkan ketakutanmu merampas kemampuan maksimalmu.
Ketakutan ang menghalangiku:...........................................
8.       Seberapa besarkah pengaruh tekanan sesama terhadapmu?
Identifikasikanlah orang yang paling berpengaruh terhadapmu. Tanyakan kepada diri sendiri “Apakah aku melakukan apa yang ingin kulakukan atau apa yang mereka ingin aku lakukan?”
Orang yang paling mempengaruhiku:.......................................................................................................................



Langkah-langkah bayi
Penuhilah janji-janjimu
1.    Lain kali kamu keluar malam, bertahu orang tuamu jam berapa kamu akan pulang dan tepatilah.
2.    Sepanjang hari, hari ini, sebelum memberikan komitmen apapun, berhentilah sejenak dan renungkanlah apa kamu bisa memenuhnya atau tidak. Jangan bilang “Nanti malam aku telepon, atau “makan siang yuk”, kecuali kamu bisa memenuhi janjimu.
Lakukanlah kebaikan-kebaikankecil
3.    Belikanlah sebuah burger bagi orang yang tidak punya tempat tinggal minggu ini.
4.    Tulislah memo ucapan termakasih kepada seseorang yang sudah lama ingin kamu sampaikan ucapan terimakasih.
Orang yang perlu aku sampaikan terimakasih:.......................................................................................
Peliharalah kesetiaanmu
5.    Tunjukkanalh kapan dan dimana kamu paling sulit menahan diri dari gosip. Apakah kalau bersama teman tertentu, dikamar ganti, ketika makan siang?, buatlah rencana tindakan untuk menghindarinya.
6.    Cobalah menjalani seharian penuh hanya menguncapkan hal-hal positif tentang orang lain.
Dengarkanlah
7.    Jangan terlalu banyak bicara hari ini. Banyaklah mendengar.
8.    Ingat-ingatlah anggota keluargamu, bagi siapa kamu tidka pernah meluangkan waktu untukmendengarkan, entah adik, kakak, atau kakek. Lakukanlah hari ini.
Katakanlah kamu menyesal
9.    Sebelum tidur malam ini, tulislah memo minta maaf sederhana kepada orang yang mungkin kamu singgung.
Bangkitkanlah harapan yang jelas
10.  Bayangkan situasi dimana kamu serta pihak yang satunya punya harapan yang berbeda. Susunlah rencana brsama-sama agar bisa sepaham.
Harapannya:................................................................................
Harapanku   :..........................................................




Langkah-langkah bayi
1.       Tunjukkan bidang hidupmu dimana kamu paling bergumul dengan kecendrungan membanding-bandingkan. Meungkin dalam bidang pakaian, penampilan fisik, teman, atau talenta.
Bidang dimana aku paling bergumul dengan kecendrungan membanding-bangkan adalah: ........................................
2.       Kalau kamu olahraga, perlihatkanlah kesportifan. Pujilah seseorang dari tim lawan setelah pertandingan usai.
3.       Kalau seseorang berutang kepadamu jangan takut menyinggungnya dengan cara bersahabat. “kamu lupa ya aku pinjami sepuluh dolar minggu lalu? Sekarang bisa kupakai sih”. Berfipikrlah menang/menang, jangan kalah/menang.
4.       Tanpa mempedulikan siapa yang menang, mainlah kartu atau game komputer dengan orang lain hanya untuk bersenang-senang.
5.       Apakah tidak lama lagi kamu ada ujian penting? Kalau ya, bentuklah studi kelompok dan bagikanlah ide-ide terbaikmu dengan yang lain. Kalian semua menjadi lebih baik.
6.       Lain kali seorang yang dekat denganmu sukses, turutlah bersuka cita baginya ketimbang merasa terancam.
7.       Renungkanlah sikapmu secara umum terhadap kehidupan . apakah didasarkan pada cara berpikir menang/kalah, kalah/menang, kalah/kalah, atau menang/menang? Bagaimana sikap itu memengaruhimu?
8.       Ingat-ingatlah seseorang yang kamu rasa menjadi model menang/menang.  Apa sih pada orang ini yang kamu kagumi?
Namanya:............................................................
Yang ku kagumi tentangnya:.......................................
9.       Apakah kamu menjalin hubungan kalah/menang dengan lawan jenis? Kalau ya, putuskanlah bagaimana seharusnya supaya situasinya berubah menjadi menang/menang atau tidak sama sekali (putuskan hubungan).


Langkah-langkah bayi
1.  Tentukan keterampilan penting yang kamu butuhkan supaya sukses dalam kariermu. Apakah kamu perlu lebih terorganisasi, lebih percaya diri kalau berbicara didepan orang lain, punya keterampilan menulis yang lebih baik?
Tiga keterampilan penting yang harus saya miliki:
...............................................................................................
2.       Periksalah pernyataan misimu setiap harinya selama 30 hari (itulah waktu yang dibutukan untuk mengembangkan suatu kebiasaan). Biarlah pernyataan misi itu memandu kamu dalam segala keputusanmu.
3.       Bercerminlah dan bertanyalah “apakah aku mau menikah dengan seseorang sepertiku?” kalau tidak, berusahalah untuk mengembangkan kualitas yang tidak kamu miliki.
4.       Datanglah pada pembimbing sekolah atau penasehat ketenagakerjaan dan bicaralah soal peluang-peluang karier. Ambillah tes bakat yang akan membantumu mengevaluasi talenta, kemampuan, dan minat.
5.       Persimpangan kunci yang manakah yang sedang kamu hadapi dalam hidupmu sekarang ini? Dalam jangka panjang, jalan manakah yang paling baik kamu ambil.
Persimpangan kunci yang sedang ku hadapi:........................................
Jalan terbaik yang harus kuambil:.......................................................
6.       Salinlah lembar penemuan besar. Lalu ajaklah teman atau anggota keluarga utnuk mengisinya.
7.       Renungkanlah sasaran-sasaranmu. Sudahkah kamu tuliskan? Kalau belum, luangkanlah waktumu untuk menuliskannya. Ingatlah, sasaran yang tidak di tuliskan hanyalah suatu angan-angan.
8.       Identifikasikanlah cap negatif yang mungkin diberikan orang lain kepadamu. Renungkanlah beberapa hal yang bisa kamu perbuat untuk mengubah cap itu.
Cap negatif:........................................
Bagaimana mengubahnya:.............................................


Langkah-langkah bayi
1.    Ingatlah berapa lama kamu bisa mempertahankan kontak mata dengan seseorang yang sedang bicara sama kamu.
2.    Pergilah ke mal, carilah tempat duduk, dan perhatikanlah orang-orang berkomonikasi. Amatilah apa yang dikatakan bahasa tubuh mereka.
3.    Dalam interaksimu hari ini, cobalah bersikap seperti cermin terhadap satu orang, dan meniru orang lainnya, hanya untuk iseng-iseng saja. Bandingkalah hasilnya.
4.    Tanyalah kepada diri sendiri, “gaya mendengarkan yang manakah dari kelima gaya buruh itu, yang menjadi masalh bagiku –mengawang-ngawang, pura-pura mendengarkan, mendengarkan secara selektif, mendengarkan kapa perkata, atau mendengarkan yang terpusat pada diri sendiri (menghakimi, menasihati, menggali), sekarang. Cobalah jalani satu hari tanpa melakukannya.
Gaya mendengarkan yang paling kupergumulkan adalah:..........................................................
5.    Kapan-kapan minggu ini, tanyakanlah kepada ibu atau ayahmu, “bagaimana kabar ibu/ayah hari ini”. Bukalah hatimu dan praktikkanlah mendengarkan dengan tulus. Kamu akan terkejut denga apa yang akan kamu pelajari nanti.
6.    Kalau kamu tukang ngomong, beristirahatlah dan jalanilah satu hari mendengarkan. Bicaralah hanya kalau perlu.
7.    Lain kali kamu ingin memendam perasaanmu “jangan”, ungkapkanlah dengan cara yang bertanggung jawab.
8.    Babyagkanlah suatu situasi dimana umpan bailikmu yang konstruktif akan benar-benar menolong. Samapikanlah kalaunya tepat.
Orang yang bisa mendapatkan manfaat dari umpan balikku:...........................


Langkah-langkah bayi
Tubuh
1.    Sarapan
2.    Mulailah program olahrga hari ni dan lakukanlah berturut-turut selama 30 hari berturut-turut. Jalan, lari, renang, bersepeda, bersapatu roda, angkat barbel, dan sebagainya. Pilihlah sesuatu yang paling kamu suka.
3.    Tinggalkanlah suatu kebiasaan buruk selama satu minggu. Jangan minum alkohol, soda pop, gorengan, donat, cokelat, atau apapun yang tidak baik bagi tubuhmu. Satu minggu lagi, coba lihat bagaimana perasaanmu.
Pikiran
4.       Berlanggananlah majalah yang punya nilai pendidikannya, seperti popular mechanics atau national geographic.
5.       Bacalah surat kabar setiap harinya. Perhatikanlah khususnya berita-berita utama dan halaman opini.
6.       Lain kali kamu berkencan, kunjungilah museum atau makanlah diresoran etnis yang belum pernah kamu coba. Peluaslah wawasanmu.
Hati
7.         Keluarlah sesekali berdua dengan anggota keluargamu seperti dengan ibumu atau adikmu. Nonton bola kek, nonton bioskop kek, berbelanja kek, atau makan es krim.
8.         Mulailah mengumpulkan koleksi humor hari ini. Guntinglah kartun degemaranmu, belilah film-film lucu, atau mulailah kumpulkan leluconmu sendiri. Tidak lama lagi juga kamu akan punya sesuatu untuk mengatasi stres.
Jiwa
9.         Amatilah matahari terbenam hari ini atau bangunlah lebih pagi untuk mengamatai matahari  terbit.
10.      Kalau belum, mulailah menulis jurnal.
11.      Luangkanlah waktu setiap harinya untuk bermeditasi, merenungkan kehidupanmu, atau berdoa. Lakukanlah yang efektif untuk kamu.

Langkah-langkah bayi
1.       Kalau bertemu sama teman sekelas atau tetangga yang cacat, janganlah mengasihani mereka tau menghindari mereka karena tidak tahu harus bilang apa. Berkenalanlah.
2.       Lain kali kamu tidak sepaham dengan orang tuamu, cobalah rencanan tindakan untuk mewujudkan sinergi. 1. Definisikan masalahnya 2. Dengarkanlah mereka. 3. Ungkapkanlah pendapatmu 4. Berurun rembuklah 5. Carilah solusi terbaiknya.
3.       Ceritakanlah masalah pribadimu dengan seorang dewasa yang kamu percayai. Lihatlah apakah dengan bertukar pandangan, tercipta wawasan dan ide-ide baru tentang masalahmu.
4.       Minggu ini, lihatlah ke sekelilingmu dan perhatikanlah betapa banyak sinergi yang berlangsung di sekelilingmu, seperti dua tangan bekerja sama, kerjasama, hubungan simbiosis di alam, dan pemecahan masalah yang kreatif.
5.       Ingat-ingatlah seseorang yang menjengkelkan kamu. Apa  sih yang beda tentang dia? Apayang bisa kamu pelajari darinya?......................................
6.       Berurun rembuklah sama teman-temanmu dan temukanlah sesuatu kegiatan yang menyenangkan, baru, dan beda, untuk akhir pekan ini, ketimbang melakukan kegiatan yang itu-itu juga.
7.       Nilailah keterbukaanmu terhadap keragaman dalam masing-masing katergori berikut ini. Apakah kamu tukang menghindar, tukang menoleransi, atau tukang memanfaatkan?

Tukang menghindar
Tukang menoleransi
Tukang memanfaatkan
Jenis kelamin



agama



Usia



pakaian



Ras




Apakah yang bisa kamu perbuat untuk menjadi tukang memanfaatkan dalam setiap kategori?............................................



Mewujudkan sinergi

Rencana tindakan
Definisikan masalah atau peluangnya:
Jalan mereka (berusaha untuk memahami terlebih dahulu ide-ide orang lain)
Jalan saya (berusaha untuk di pahami dengan mengutarakan ide-idemu)
Urun rembuk (menciptakan kemungkinan ide-ide baru)
Jalan yang tinggi (cari solusi terbaik).





No comments:

Post a Comment