Pages

Harapan Bilal Untuk Staff Bilal, (BEM STEI TAZKIA 2014-2015)

Friday, October 3, 2014
Harapan untuk STAF MENTRI, kalau untuk BPH sudah, untuk Mentri juga sudah, sekarang untuk STAFF. Karena biar bagaimanapun STAF adalah ujung tombak dari BEM. Ibaratnya gini. BPH itu yang mengarahkan Busur, sedang mentri adalah Anak panahnya, dan Ujung anak panah itulah STAF, yakni STAF yang mengena langsung pada semua hal dan semua lini.
Artinya staflah yang langsung berada di lapangan dan tahu banyak hal.

Lumrahnya, BPH itu  banyak rapat, rapat sana sini, rapat dengan ini dan rapat dengan itu, sehingga tak banyak turun kelapangan dan bahkan kadang tak mengerti gimana kondisi dilapangan. Tahunya cuman laporan doang, padahal tak sedikit yang laporan itu di buat atas dasar untuk membuat senang atasannya. (kayak menjilat gitu deh).
Dan tak sedikit ada Mentri yang hanya bisa ngomong, dan bisa berbelit dan hanya bisa beralasan dan berteori, sedang untuk aksi nyatanya gak ada.  (tapi mentri yang kayak gini neh gak ada di BEM tazkia). Mentri di BEM Tazkia itu hebat-hebat semua insyaAllah. Amin
Oke, jadi Apa keinginan Bilal untuk STAF, heheh Apa ya?, GINI GINI ……
Jadi di BEM itu sekarang berjumlah 47 orang semuanya, BPH itu 6 orang, mentri juga 6 orang dan sisanya adalah STAF. Ya STAF yang terpilih, dan di pilih oleh mentri. Yang insyaallah gak ada nepotisme. Kalau ada yang gak keterima dan ngerasa nepotisme atau ngerasa ada yang temannya keterima dan ngerasa gak pantas untuk di terima sampaikan aja. Biar BEM lebih terbuka gitu. Artinya gini “JANGAN ADA HANYA ADA DOANG, NAMUN TAK ADA FUNGSINYA) toh walaupun Bilal amat yakin kalau semua yang keterima itu adalah orang-orang hebat.
Oke, sekarang gini: harapannya:
1.       Jangan sampai tidak sehati dengan mentrinya, atau toh walaupun gak sehati bok yo bisa ngerti gitulah, atau kalau memang ngerasa lebih hebat dari mentrinya, tetep hormati mentrinya. Ya hormati atas nama lebih dulu di BEM dan lebih pintar karena lebih tinggi angkatannya.
2.       Terus jangan juga melenceng dan tidak memperdulikan BEM. Kayak gini neh, umpama di jarkom di grup, tuh yang respec gitu. Atau ada yang nanya atau di minta datang ke acara apa gitu, respec itu ya.
3.       Ajak teman-temannya yang seangkatan untuk memperbaiki tazkia. Baik dengan cara menang lomba di UKM, sering-sering ikut lomba, atau dengan hobi atau dengan banyak hal yang intinya untuk kebaikan tazkia, kebaikan kampus kita.
4.       Peduli dengan sesama, artinya gini, INI NEH ORANG BEM, rajin kuliah, ini neh orang BEM rajin Shalat duha, ini neh orang BEM hebat maen futsal, ini neh orang bem hebat main basket, ini neh orang bem hebat ngelayout, ini neh orang bem hebat karate, ini neh orang bem hebat buat makalah, ini neh orang bem udah bikin buku, ini neh orang bem hebat bisnis, ini neh orang bem hebat ngelawak, ini neh orang bem ngajinya tiap hari satu juz, ini neh orang bem care sama yang lain, ini neh orang bem hormat sama dosen (kritis boleh, tapi rasa hormat dan takdim harus, {semisa gini, ada yang gak sesuai dengan keinginan hati, boleh tuh bilang sama dosen dan kritik, tapi dengan cara yang santun dan berkepribadian baik, jadi kalau kata orang itu, dosen itu malah suka kalau mahasiwanya kritis, tapi disertai dengan etika dan akhlaq).
5.       Respec sama mentri, juga sama BPH, jadi gimana, saling mengerti dan saling mendukung gitu maksudnya, gini jadi staf cerita sama mentri tentang mimpi2nya, terus nanti mentri bisa ngasih arahan dan ngasih masukan begitupun dengan BPH.
6.       Nah ini yang paling penting, MENGERJAKAN TUGASNYA SESUAI WAKTU, gini semua orang itu punya 24 jam, jadi kalau semisal si A di kasih tugas ini dan di tunggu selesai tanggal segini, nah itu harus segera di lakukan gitu, jadi jangan di tunda dan di tunda. Tunjukkan pada dunia kalau kamu itu emang pantas untuk menjadi pemimpin di masa depan atau kamu itu emang pantas jadi orang hebat di masa depan. “lah kak kalau ada staff yang lain yang uring-uringan dan malas-malasan?” langsung Bilal tanya gini “Kalau nanti di masa depan temanmu jadi gelandangan apa kamu juga ingin jadi gelandangan?” begitulah gambarannya, jadi jangan iri pada temanmu yang tidak peduli dengan tugasnya, karena yang akan ngejalani kehidupan dia di masa depan juga dia, dan jika dia gak sukses dan gak hebat juga dia yang gak sukses dan gak hebat, tapi kita, kita ya KITA, Kita harus hebat dan kita harus menjadi pioner serta kita harus meninggalkan kesan yang terindah buat dunia.
7.       Nah ini dia, pengennya itu semua staf itu memberikan semua harapan terbesar buat bem, nah ini nanti mungkin, pengen semua staf itu memberikan harapan buat bem, dan harapan itu mari kita kerjakan bersama, perjuangkan bersama dan kita raih bersama. Jangan hidup sendiri. Heheh toh walaupun kadang bilal lebih terkenal individualis juga sieh, tapi itu tetap gak bagus.
8.       Ayo bareng-bareng buat gerakan yang besar, yang hebat, yang wah, dan bisa mengantarkan kita pada ranah internasional. Kalau di kampus lain itu, ada yang di utus untuk ikut delegasi ke luar negeri untuk ikut rapat ini dan itu, untuk pertukaran pelajaran atau untuk apalah gitu, yang intinnya bisa keranah internasional. Tapi kita kayaknya MASIH belum. Dan semoga kedepan ada yang bisa menembus ranah internasional.
9.       Terus lagi, sebisa mungkin staf itu menjadi orang kedua (dalam dunia ini hanya ada dua orang 1. Orang yang pembuat masalah 2. Adalah orang pembut solusi: jadi jika tidak jadi SOLUSI berarti orang itu menjadi masalah) oleh karenanya jadilah yang ke dua. Jadi pemberi solusi  untuk yang lain, untuk mentrinya untuk presmanya untuk tazkianya dan untuk semuanya, intinya jangan jadi BENALU. Tapi jadilah pupuk yang menghijaukan dan membuat tanaman itu tumbuh, berbuah dan bisa di nikmati.
10.   Sepuluh aja ya, ini aja udah banyak, tar kalau ada yang lupa di ucapkan. Yang terakhir koordinasikan rapatkan, dan juga owh ya….. ini juga, kalau rapat sebisa mungkin sebelum rapat itu sudah jelas agendanya mau rapat apa, apa aja keputusan yang akan di ambil. Dan masing-masing dari staf sudah menyiapkan solusi, sudah menyiapkan ide, sudah menyiapkan masukan dan lain sebagainya untuk bem. Jadi JANGAN RAPAT hanya datang, sampai di tempat ngobrol sama teman, liat-liat cewek bagi yang cowok atau liat-liat cowok bagi yang cewek. Itu rapat.
Terus juga jangan lupa ama ibadahnya heheh. Ibadah sunnah, karena biar bagaimanapun SEMUA ITU DARI ALLAH. Tapi kata “semua dari Allah” sebagai alasan untuk bersantai-santai. Tapi gini, terus bekerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan bekerja secara profesional, lalu hasilnya dipasrahkan sama Allah.
Oke itu aja mungkin ya, jangan banyak-banyak. Heheh semoga KALIAN semua betah bersama BEM di tahun ini. Owh ya, kalau ada yang masih mengganjal di hati katakan aja, lebih baik di katakan dan selesai masalah, daripada di pendam yang menjadikan masalah berlarut-larut.
Oke just it. Owh ya, selamat IDUL ADHA , salam dari Bilal buat semua staf yang pulang, dan hati-hati di rumah, jadikan pulang sebagai sarana untuk berbakti sama orang tua, dan sarana untuk lebih dekat lagi dengan keluarga dan tetangga.
Dan juga, jika ada orang hebat atau orang yang melangit, cerita-cerita aja tentang BEM siapa tahu merekka punya ide.

Oke
Salam

M. Albilaluddin al-Banjari
Teman Kalian, Teman Tertawa Kalian, Teman ngobrol Kalian, Teman Bercanda Kalian, Teman yang semoga bisa saling mendukung dan saling menghebatkan antara satu dengan yang lain.

No comments:

Post a Comment