Pages

Adab mencari Ilmu, by Ust Misno: HRD Syariah: AKM Talk Show Leadership “Andakah Pemimpin Masa Depan Selanjutnya”.

Tuesday, December 30, 2014
Jadi ceritanya gini, kan pagi Bilal itu ngisi acara AKM itu bareng bang Diky, tar fotonya kalau lagi santai ya.. tema AKM nya itu Andakah pemimpin masa depan selanjutnya?”.
Terus habis duhur tidur di rumah zibon, terus habis itu ikut acara DisDus dari LDK, temanya tentang Adab mencari ilmu, pematerinya Ust Misno, beliau dosen Bilal waktu dimatrik.

Tentang Ust Misno itu, beliau adalah penulis dari buku HRD Syariah yang di tulis bareng beberapa dosen Tazkia, begitupun juga beliau memiliki banyak tulisan dan buku yang telah di terbitkan, dan beliau juga sudah menempuh S3 dan udah meraih gelar dokter heheh (ya gak sieh… kurang tahu juga kalau gelar doktornya).
Oke, masuk materi, jadi tadi itu di jelaskan tentang ilmu, neh yang Bilal ingat ya, hehe jadi gini dulu ya… ini cerita tentang kenapa Bilal nulis ini, karena ini kata Ust Misno bagi yang menulis rangkuman dan beruntung akan di kasih hadiah buku HRD Syariah, dan Bilal ingin itu untuk di baca, makanya Bilal bela-belain…
Habis acara langsung Pulang ke kontrakan, terus mandi dan nyuci baju, setelah nyuci baju shalat magrib dan setelah shalat magrib masih rembukan via WA dengan dosen yang menjadi editor buku ke tiga Bilal yang berjudul “4 Karakter Kaya, Bekal Kaya Sejak Dini”, jadi agak lama di beliau karena beliau masih ke Surabaya dan melaksanakan tugas di sana, jadi sambil di bawa sambil di edit, dan sudah mulai di mintakan testemoni kepada beberapa dosen dan orang-orang hebat di tazkia dan juga di SIdogiri, harapan besarnya nanti bisa bedah buku dan ngisi di pondok tempat Bilal belajar dulu.
Oke… jadi ini semoga jadi syarat biar Bilal dapat buku HRD heeh.
                Masuk pembahasan…. Jadi setelah membuka dengan hamdalah beliau udah mulai menjelaskan tentang ilmu, tentang fadilah mencari ilmu, tentang balasan bagi yang mencari ilmu, lalu masuk pada adab-adab mencari ilmu. Yang diantaranya yang masih Bilal ingat neh ya.
1.      Ikhlas, jadi orang nyari ilmu itu kudu ikhlas, hanya untuk mengharap ridha Allah karena jika tidak ikhlas ya tidak dapat apa-apa.
2.     Yang kedua itu kalau gak salah bersungguh-sungguh yang ini beliau mengambil dalil dari Alqur’an yang berbunyi “Barang siapa yang bersungguh-sungguh di jalan kita, maka kita akan memberikannya” kurang lebih begitulah. Ada juga teman-teman yang nyeletuk “man jadda wajada”.
3.      Yang ketiga itu lupa apa yang ketiga. Yang jelas yang Bilal catet dihp tuh ini Luruskan Niat, Nikmati Proses, Fokus, Itu sieh yang di catet.

Terus lagi, seorang yang mencari ilmu itu pasti banyak cobaan dan tantangannya, bahkan menurut cerita beliau, dalam masa pencarian ilmu beliau, beliau pernah sakit parah, dan waktu ngisi sore tadipun beliau sakit cuman masih memaksakan diri.
Dan memang beliau itu adalah dosen yang amat konsen dan semangat terlebih lagi dengan dunia tulis menulis, dan kemaren kala ada waktu cerita-cerita dengan ust Arijalul Mannan, beliau bercerita kalau Ust Misno sedang ngisi pelatihan menulis dibandung katanya.
Dan memang jam terbang yang dimiliki beliau amatlah tinggi.
                Oke begitu aja dulu ya… jadi setelah acara selesai, di tutup dengan pemberian cindramata dan di tutup dengan doa oleh beliau.
Semoga Ilmu yang didapat dari beliau menjadi ilmu yang bermanfaat dan berguna, dan semoga juga ilmu itu bisa di gunakan Bilal kelak ketika Bilal sudah menjadi orang di masa depan.
Owh ya lupa, jadi sebelum doa itu ada sisi tanya jawab, ada yang bertanya dan langsung di jawab oleh beliau.
Dan yan  di harapkan oleh beliau pada mahasiswa utamanya LDK itu bisa memberikan hal-hal baru, atau dakwah-dakawah yang kreatif dan berguna. Semisal dengan menggunakan sort movie, dengan blog, dengan twiter dengan facebook dll. Sehingga dunia maya itu tidak terisi dengan hal-hal yang negative saja.
Dan itu adalah ide yang sangat brilian, dan semoga digunakan dan dilaksanakan oleh LKD atau jika tidak dari LDK, semoga dari kita ada yang bisa melakukannya. Sehingga dunia islam tidak hanya dengan cara dakwah-dakwah yang kuno dan kolot, sedang orang-orang sekarang udah zamannya maju dan yang di pegang setiap haripun sudah gadget.
Di tutup dengan doa, dan terus Bilal minta nomer beliau, setelah itu Pulang. Dan di tulislah intisari ini. Semoga barokah dan semoga dapat buku HRD nya heheh.
Terimakasih ilmunya ust. Semoga bisa bekerjasama dalam banyak dunia kepenulisan, terlebih Bilal punya mimpi punya penerbitan. Namanya Bilal House, anak usaha dari Bilal Grup. Mohon doa fatihahnya ust, semoga segara terlaksana dan segera besar.
Bilal House udah nerbitin 2 buku Ust. Yang pertama itu buku “Kamus Sukses For Remaja”, waktu di matrikulasi, dan yang ke 2 itu judulnya “Mengenal Asyrul mubassyirina Bil jannah, mengenal 10 sahabat yang di jamin masuk surge oleh Rasulullahdan yang ketika dalam proses ust. Yang judulnya 4 karakter kaya tadi di atas itu ust.
Sudah, kok jadi panjang lebar ya heheh semoga HRD Syariahnya dapat hehehhe. Wassalamualaikum ust.



M. Albilaluddin al-Banjari
Presiden Mahasiswa STEI Tazkia 2014-2015
Hp: 0858-558-321-66, 
Email: bilalgrups@gmail.com
Twitter: @malbilaluddin1
IG: bilalgrup, BBM: 5281cb04, 
FB: Muhammad Albilaluddin al-Banjari, 
Blog: bilalgrup.blogspot.com

2 comments: