Pages

Ada apa dengan Mubarakah? Menilik Bangkrutnya Mubarakah Dalam PandanganSantri #Tugas Pak Siswanto

Monday, June 2, 2014
Oleh : M. Albilaluddin al-Banjari*
Asuransi Mubarakah berdiri tentu dengan tujuan mulia dan baik.
Tujuan untuk saling membantu dan tolong menolong dalam meraih kebaikan bersama.Namun tak jarang niat baik dan keinginan untuk berbagi serta saling menanggung beban itu tidak selalu mulus dan tidak selalu sesuai dengan apa yang di inginkan. Niat baik dan keinginan saling berbagi itu kadang malah menjadikan kita sulit dimana harus memposisikan diri dan berdiri tegak. Sehingga kesulitan itu kadang kala menjadikan kita goyah. Disatu sisi ingin membantu, disatu sisi yang lain juga di tuntut untuk bisa mendapatkan hasil dan margin untuk keberlangsungan sebuah perusahaan.
Itulah yang terjadi pada Mubarakah, kalaukitamaumenilikdanmemahamilebihdalam, banyakhal yang menjadipenyebabakenapaMubarakah yang denganniatbaikituharusterkuburdanhilangdaridasarkebaikan. Apakahadaunsurketidakikhlasandisana?
Ataukahmemangdalamperjanannyapenuhdenganberbagaimacamhambatandanaralrintangansehinggamenjadikaniamati di tengahjalan.
Dari banyakliteratur yang penulisbaca, banyakhal yang mejadipenyebabmatinyaMubarakah. Diantaranyabanyakpenyebabituadalahkurangtulusnyaniatan yang beradadalampendirinya. Karenadenganniatan yang tulusdanikhlas, inysaallahsemuaakanberjalanlancar, tohwalaupunadaaraldanrintangansemuapastiakantertanganitanpaharuskolapsdandicabutperijinannya.
Denganniatan yang tulusuntukmembantudansalingtolongmenolong, tanpaadaunsuringin“lebih” yang salahdari para direksinya, tentuMubarakahakanterusberjalandenganamandannyaman. Memangtaksedikitperusahaan yang inginmenciptakandifrensiasibaikdengantujuanmenarikmasaataumenariknasabahatautujuan“wah”yang lain, namuntakjaranghalinilah yang menjadiboomerang yang akhirnyamejadikandirinyaterbakar. Taksedikit yang berupayabermaindenganapi di tengahmalam, dengantujuanmenjaditontonandanmeriah, namuntaksedikit pula yang akhirnyaharusterbakardanmatikonyol.
Olehkarenanya, niatanpendiridantentunya para direksi, sangatlahperluuntuk di perhatikandandidalami. Karenaseperti yang disampaikan di awal, tanpadenganniat yang sungguh-sungguhatauberniatsungguh-sungguhnamunmerubahpondasiniatituditengahjalan, makahaliniakanmengakibatkanhal fatal.
Niat yang mapandansungguh-sungguhitubagus, namunkalaadaperubahanniatditengahjalan, itulah yang akanmenjadikanperusahaan, organisasidanperkumpulanakangoyangdangundah.
Jadihalpertama yang ditangkapdalamsisipandangpenulisadalahNIAT YANG KURANG. Kurangdalamsegalbidangnya, kurangtulus, kurangbersungguh-sungguh, kurangmapan, kurangterarah, kurangmantep,dankurangdalamsisilainnya. Sebagaimanadalamsegalaibadah, niatlah yang menjadihalutama yang perlu di perhatikan.karenatanpasahnyaniat, semuarukunsyaratnyapunjugaakanmenjadisia-siadankosongbelaka. Tanpaniat yang benar, manajemen, jajarandireksi, bentukakuntansi,  sofwere-sofwere yang mahalsekalipuntidakakanbergunaapa-apa.
Yang kedua, dalampandanganpenulis, kenapaMubarakahhancurdanhilang di telanbumi, terlaluberlebih-lebihan. Berlebih-lebihandalammengejar target dansampaipada finish.
Mengerjar target dansampaipada finish bukanlahhal yang salahuntuk di lakukan, namunjikaituberakibat fatal dalamperusahaantentuitutidakbisa di ambilsertamertamenjadisebuahtindakan. Inikembalipadasebuahqaidahfiqih yang berbunyi“Dar’ulmafasid, moqoddamunalajalbiblmasholeh”,menolakbahaya, itulebihutamadaripadamendapatkanmanfaat.
Menolakbahaya, (Dicabutijinnya),seharusnyalebih di dahulukandan di utamakandaripadamenarikkemaslahatan(sampai target).Disatusisitentudalamhalini, sangatlahpentingbagi para petinggidan para jajarandireksiserta investor untukbenar-benarmemperhatikandanmengamalkanesensidaripadaqoidahini. Sehinggadenganmamperhatikandanmengamalkanqoidahini, tentutidakakanterjadihal yang semacamini. Tohwalaupundisatusisi yang lain, kemungkinanbesarmereka para direksidan investor sudahmemperhatikanhaltersebut, namundisanalahkita di tuntutuntukbenar-benarmemahamidanmendalamibanyakqoidahdasardariushulfiqih, yang sehinggabisnisdanorganisasisertaperkumpulankitabisaberjalandengansempurnadanbaik. Wallahua’lam
*PenulisadalahMahasiswaMuamalah,menjabatPresiden BEM 2014-2015
Bisa di hubungi di: bilalgrup.blogspot.com or email: bilalgrups@gmail.com


No comments:

Post a Comment