Pages

CERITA ANAK KECIL MENGAJARKAN KETAWAKKALAN

Monday, November 5, 2018
Pemimpin pemberdaya bawahan 

Ada anak bernama Adi yang ingin mengikuti study tour ke sebuah kota


πŸ‘¦ : yah, ini jadi gak, Adi mau ikut Study Tour ?
πŸ‘¨ : Kamu sudah bilang belum ke Allah ?
πŸ‘¦ : Belum, yah.
πŸ‘¨ : Bilang dulu deh ke Allah ! masih ada waktu berapa ?
πŸ‘¦ : Sekarang hari kamis, harus bayar maksimal besok jum'at, sabtu mau berangkat.
πŸ‘¨ : Yasudah, masih ada Maghrib, Isya, sholat malam, dan masih ada subuh di jum'at pagi, buat doa. Sudah, kamu sholat dulu, doa dulu sama Allah.

Adzan Maghrib pun berkumandang

πŸ‘¨ : Ayo kita ke masjid, kita minta sama Allah, supaya kamu nanti bisa berangkat ikut study tour. Harus bayar berapa?
πŸ‘¦ : Rp. 27.000
πŸ‘¨ : Ayo kita minta Rp. 27.000

Setelah selesai sholat maghrib, si ayah menyuruh Adi berdoa

πŸ‘¨ : kamu berdoa, silahkan ! jangan dalam hati, supaya ayah bisa mengamini !
πŸ‘¦ : "Ya Allah, saya ingin ikut study tour, tapi ini ya Allah, punya ayah pelit banget, Rp. 27.000 aja harus Sholat dulu, harus doa dulu, ya itulah mudah-mudahan ayah ngasih."
πŸ‘¨ : hust.., doanya langsung ke Allah.
πŸ‘¦ : "Ya Allah, tolong bayarin saya"
πŸ‘¨ : hust.., doanya langsung aja, bayarin kek, enggak kek, pokoknya berangkat study tour.
πŸ‘¦ : yasudah " seperti yang dikata ayah ya Allah, Aammiiin"
πŸ‘¨ : Aammiiin.

Si Adi diajak lagi sholat Isya, dia doa lagi, ketika si Adi mikir tentang study tour, dibenerin sama ayahnya

πŸ‘¨ : Nak, kamu mikirin Allah, jangan mikirin duit !
πŸ‘¦ : Yaaa, tapi ini harus bayar.
πŸ‘¨ : Tapi itukan kata orang, bukan kata Allah, lihat apa yang yang Allah bilang, kalo Allah bilang " berangkat ya berangkat ", betapa banyak orang yang bisa bayar, gak ikut karena sakit perut, karena ada masalah dengan orang tuanya, karena bis itu mogok, dll. Sudah kamu tidur besok bangun lagi untuk sholat malam.

Dengan nada lembut si ayah menasihati Adi yang gelisah. Dan besok harinya si Adi dipanggil ayahnya

πŸ‘¨ : Adi, sini nak ! berapa duit bayarnya?
πŸ‘¦ : Rp 27.000, yah
πŸ‘¨ : sudah ini ada duit Rp. 27.000
πŸ‘¦ : Alhamdullillah
πŸ‘¨ : sssttt, sebentar, kamu bayarin temen kamu yang belum bayar study tour !
πŸ‘¦ : ooohh..., buat Adi?
πŸ‘¨ : urusan Allah
πŸ‘¦ : ooohh..., urusan Allah
πŸ‘¨ : sudah, nanti juga kamu tau
πŸ‘¦ : yasudah, Assallamu'alaikum

Berangkatlah si Adi ke sekolah dan membayarkan uangnya sesuai perintah ayahnya

πŸ‘¦ : Assallamu'alaikum, Bu ! nih saya mau bayar 
πŸ™Ž : Wa'alaikumsallam, nah kebetulan memang kamu termasuk yang belum bayar
πŸ‘¦ : tapi ini bukan buat saya, Bu
πŸ™Ž : la.. lalu buat siapa?
πŸ‘¦ : siapa temen-temen saya yang belum bayar?
πŸ™Ž : ya ada tu, ada satu anak
πŸ‘¦ : yasudah Bu, kata ayah buat dia

πŸ™Ž : loh.. kamu kan belum bayar
πŸ‘¦ : tuh dia Bu.., saya juga kagak ngerti. yasudah Bu, ini buat dia ( sambil memberikan uangnya)
πŸ™Ž : loh buat kamu gimana?
πŸ‘¦ : buat saya ma, kata ayah " urusan Allah " 
πŸ™Ž : hmm.. ya tapi, walaupun kamu bayarin orang lain, kamu besok gak bisa ikut loh
πŸ‘¦ : gakpapa, bukan kata orang tua bukan kata ibu, tapi kata Allah
πŸ™Ž : ya tapi....
πŸ‘¦ : yasudah Bu, wasallamu'alaikum ( si Adi cium tangan lalu pergi)

Setelah membayarkan uangnya atas perintah ayahnya si Adi lapor lagi ke Allah dalam sholat dhuhanya. " Ya Allah, sudah saya bayarkan sesuai dengan perintah dari ayah. Ya Allah titipkan nasibku kepadamu Ya Allah, supaya besok bisa berangkat study tour "

Si Adi malam sabtu makin gelisah di dalam kamar dan diketaui oleh ayahnya

πŸ‘¨ : nak tenang, kamu InshaaAllah kalo takdirnya berangkat, pasti berangkat, kalaupun tidak maka itu takdirmu. sudah sekarang tidur dulu nak. ( Sambil mematikan lampu dan menutup pintu kamar Adi)

Adi pun tidur tanpa menjawab perkataan ayahnya. Lalu pagi harinya Si Adi ini tidak mandi dan tidak berpakaian sekolah karena dia tau dia tidak akan berangkat.

πŸ‘¨ : nak, kamu tidak bakal tau kamu berangkat atau tidak sampai kamu jalan
πŸ‘¦ : tapi yah..
πŸ‘¨ : gak ada tapi-tapian, bismilah berangkat

Lalu berangkatlah si Adi, sebelum berangkat dia diajarkan dzikir oleh ayahnya, dan kata ayah Adi " kalo sampai, masuk dulu mushola, sholat dhuha dulu, lapor sama Allah bahwa sudah sampai mushola, sudah sampai sekolah, walaupun tidak ikut study tour" 
melihat si Adi berangkat keluar rumah, ibunya ini sudah menangis

πŸ‘© : nih anak terlalu kecil untuk diajarkan tauhid
πŸ‘¨ : gakpapa Bu, kita kenalkan Allah kepada Adi dan semoga Allah memberi keajaiban kepada Adi

Dan benar, seperti yang diucapkan ayahnya " belum tentu yang punya duit berangkat, dan belum tentu yang gakpunya duit kagak berangkat" 
Lalu diabsenlah satu-satu naik bis. Anak yang kemarin berdoa pagi siang sore malam dan di hari terakhir dia bersedekah, Alhamdullillah tidak berangkat juga. Namun tiba-tiba satu pintu bis terbuka, ada ketua kelas turun

πŸ‘± : MasyaAllah, kok kamu gak ikut ?
πŸ‘¦ : ya begitulah..
πŸ‘± : gitu gimana? belum bayar ya?
πŸ‘¦ : ya belum sih.., ya begitulah..
πŸ‘± : ooohh.. jadi sekarang gak ikut nih ?
πŸ‘¦ : ya begitulah..
πŸ‘± : yasudah, jagain sekolah ya ! Assallamu'alaikum 
( dengan perasaan sedih Adi menjawab salam dari ketua kelas)
πŸ‘¦ :Wa'alaikumsallam 

Lalu berangkatlah bis tersebut. semua orang melambaikan tangan termasuk anak yang dibayarin Adi. Setelahnya dia lapor lagi ke Allah dia sholat dhuha, kali ini dia nangis " Ya Allah, nasibku begini amat ya.." 

Setelah selesai sholat dan bersiap memakai sepatu, datang mobil alphard warna hitam ke sekolah, turun seorang ibu dan anaknya

πŸ‘± : woy Assallamu'alaikum Adi
πŸ‘¦ : loh Ade, Waalaikumsallam
πŸ‘± : udah pada berangkat ya?
πŸ‘¦ : iya udah pada berangkat
πŸ‘± : kok kamu gak ikut? ketinggalan ya?
πŸ‘¦ : ya begitulah, sebenarnya sih bukan ketinggalan, saya belum bayar. lalu kamu sendiri kenapa?
πŸ‘± : ya niatnya mau berangkat, e kok udah ditinggal aja sama bis, soalnya kena macet di jalan. bentar ya
πŸ‘¦ : hah, eh iya

Si Ade lalu bilang ke ibunya tentang Adi dan..

πŸ™Ž : yuk kita susul teman-teman kalian, kita naik mobil
(dengan kagetnya Adi menjawab)
πŸ‘¦ : Subhanallah, naik mobil ? Alphard hitam ini ? 
πŸ‘± : iya naik
πŸ‘¦ : AllahuAkbar, hmm bismillah.
( dengan perasaan bercampur aduk Adi naik dan duduk di dalam mobil tersebut)
πŸ™Ž : yang enak ya dik, duduknya
πŸ‘¦ : iya tante 

lalu di perjalanan si Adi nangis, berlinang air mata

πŸ‘± : kenapa kamu ? gak pernah naik Alphard ya ? (sambil bercanda Ade menghibur Adi)
πŸ‘¦ : kagak, ayah saya bener, ayah saya bener
πŸ‘± : memang ayahmu ngomong apa?
πŸ‘¦ : " yang punya duit belum tentu berangkat, yang gak punya duit belum tentu gak berangkat dan yang bayar belum tentu berangkat dan yang belum bayar belum tentu juga gak berangkat " 
πŸ‘± : ooohhh.. ( si Ade hanya terdiam bingung dan heran)

Lalu berhentilah mobil tersebut di kilometer 26 dan mampir di sebuah rest area, terlihat ibu Ade dari kejauhan membawa makanan yang banyak dan enak untuk Ade dan Adi. lalu si Adi meneteskan air mata lagi.

πŸ‘± : walah, nangis lagi, kenapa kamu?
πŸ‘¦ : enggak, saya lagi ngebayangin temen-temen yang bayar Rp. 27000 cuma dapat 1 roti 
πŸ‘± : oohhh.. ( Ade masih terheran sambil memakan makanan dari ibunya)

Di sisi lain, tepatnya di rumah Adi

πŸ‘¨ : Bu, kalo anak kita pulang di jam 9 pagi ini, berarti dia gagal pergi, tapi semoga dia bertemu Allah
πŸ‘© : Aamiiin, Pak

tetapi siapa sangka si Adi tidak pulang dan pulang jam 7 malam

πŸ‘¦ : Assallamu'alaikum, Yah, Bu !
πŸ‘¨ : Waalaikumsallam, wush.. keren, bawa apa itu?
πŸ‘¦ : ini ada tales, singkong, pisang
πŸ‘¨ : Subhanallah anak ayah

Lalu diceritakanlah perjalanan Adi mulai berangkat sampai pulang kepada ayahnya

πŸ‘¨ : Sipp, bagus, akhirnya berangkat kan, besok pagi, berangkat seperti itu lagi ya. Doa, doa, doa. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.

End

Pelajaran yang diajarkan ayah kepada anaknya bahwa dahulukanlah Allah dari apapun.

Semoga bermanfaat. Wasallamu'alaikum.


BACA JUGA

TANDA CELAKANYA SEORANG MURID: KLIK HERE

SIAPA YANG MEJAGA PENJAGA?: KLIK HERE


WASIAT SEORANG WALI ABDAL: KLIK HERE 



                                                                                   M. Albilaluddin al-Banjari, SH   
                                                                          CEO BilalGrup, Motivator, Entrepreneur
 Hp, Wa, Sms : 0858-558-321-66, 
 Twitter:  @malbilaluddin1 
IG: Bilal Grup
ID Youtobe :  M. AlbilaluddinID
                                                                                           Blog: bilalgrup.blogspot.com

No comments:

Post a Comment